Olá! Seja bem-vindo ao meu blog!

Aqui você dá as boas vindas aos seus leitores, fala sobre você e seu blog, contato:

E aqui você deixa os links de suas redes sociais, com ícones de sua preferência:

Menu

Faça um tour pelo blog ;3

Kerajinan tangan dari lampu hias kamar dari botol bekas



Assalamualaikum, sobat ku sekalian kali ini ophie hadir kembali untu memberikan info menarik seputar kerajinan tangan dari barang-barang bekas tapi saat ini ophie akan membahas barang bekas dari botol plastik, kali ini ophie memberikan cara membuat lampu hias kamar dari botol bekas, jika hasilnya bagus dant cantik bisa dijadikan juga suatu usaha sampingan bagi kaliankan, disamping bahan-bahannya mudah terjangkau dan menguntungkan pula.. :D ^_^

tidak usah panjang lebar langsung saja TKP.. hehehe :D


Karya Seni 1: MEMBUAT KAP LAMPU CANTIK DARI BAHAN BEKAS

Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita,dapat kita buat menjadi kap lampu cantik bernuansa etnik.



Sebelum mulai membuat persiapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan bahan:

-pisau cutter

-lem (lem pralon /lem tembak)

-botol air mineral (yang ukurannya sama)

-sisa potongan kain batik(kain perca)

-kabel

-fiting

-lampu

Cara membuatnya: Ambil dua buah botol air mineral kosong, bersihkan botol air mineral, sekalian buang bungkus mereknya. Potong bagian atas dan bagian bawah botol tersebut, kedua-duanya.

Setelah terpotong, ambil bagian tengah dari kedua buah botol tersebut dan rapikan potongannya. Rekatkan keduanya dengan lem sampai benar-benar kuat, seperti tampak pada gambar. Setelah terekat kuat, olesi permukaan luar botol dengan lem, ambil kain batik (perca) lalu tempelkan ke seluruh permukaan luar botol, biarkan sebentar sampai lem benar-benar kering. Tutup bagian atasnya dengan sisa potongan kain batik, lalu rapikan.




Setelah kap selesai,sekarang tinggal memasang lampu beserta dudukannya.


Caranya: Ambil fiting pasangkan kabelnya, lalu pasangkan pada dudukannya, kencangkan dengan baut. Ambil lampu bohlam, sekrupkan pada fiting lalu tutup dengan kap yang telah dibuat tadi, kencangkan dengan sekrup kecil.selesai. Lampu ini cocok di letakkan di atas meja, di tempel di dinding,atau ditempel di pilar kayu bernuansa etnik, dengan sedikit penyesuaian tentunya.

Karya Seni 2: Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas -Kita semua tahu bukan kalau bumi semakin lama semakin tercemar? Orang pun mulai berpikir bagaimana menciptakan kerajinan tangan yang ramah lingkungan alias hasil daur ulang. Ada banyak sekali bahan daur ulang yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan, contohnya kardus, koran, plastik makanan, hingga botol plastik. Nah botol plastik ternyata bisa disulap menjadi lampu kamar yang cantik dan unik.



Sebelum memulai membuat kreasi dari botol plastik, bahan dan alat yang kita perlukan saat membuat lampu botol adalah:


1. Botol plastik bekas yang sudah dibersihkan (bentuknya sesuai selera)


2. Kabel listrik


3. Lampu kecil (lampu cabai dan cupnya)


4. Cutter


5. Lem plastik


6. Cat semprot

Jika alat dan bahan sudah kita siapkan, langkah berikutnya adalah:

1. Potong bagian bawah botol plastik mengikuti bentuknya memakai cutter. Jika bentuknya bergelombang, maka ikuti saja bentuknya.


2. Lubangi bagian tengah bawah botol plastik yang sudah dipotong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang di bagian tutup botol.


3. Rekatkan bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong ke bagian tutup botolnya memakia lem. Sesuai letaknya dengan lubat yang sudah di buat di tutup botol


4. Setelah sambungan kering dan kuat, kita bisa mewarna botol plastik dengan cat semprot dalam kemasan kaleng (contoh merek Pylox) atau dengan car minyak yang disemprotkan dengan semprotan nyamuk secara tipis-tipis (jangan terlalu tebal supaya cahaya lampu menimbulkan kesan remang-remang)


5. Bila cat sudah kering, pasangkan lampu dan kabelnya. Rekatkan cup lampu dengan memakai lem pada bagian tutup botol supaya lebih kuat


6. Tambah beberapa ornamen atau hiasan sesuai selera kalian untuk mempercantik lampu botol bekas ini









Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selain mengasah kreativitas kita juga berkonribusi terhadap lingkungan alam ini. Jika masih bingung cara membuat lambu botol daur ulang bisa lihat tutorial gambarnya di bawah ini.






Selain memakai botol plastik, kalian juga bisa menggantikannya dengan botol kaca bekas. Oh ya, sudah siap melestarikan lingkungan mulai dari hal kreatif ini? Selamat mencoba membuat kreasi lampu botol daur ulang!




Karya Seni 3: Cara Membuat Lampu Hias Dari Botol Plastik Bekas


Pada kerajinan tangan membuat karya seni berupa lampu hias dari botol plastik terakhir, kita akan membuat lampu hias dengan bentuk paling mudah dan sederhana, dimana peralatan yang dibutuhkan berupa: botol plastik bekas secukupnya, gunting, atau pisau, staples, peralatan lampu (lampu, kabel).

Cara membuat: Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan: pisau, botol plastik bening, dan staples.




Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam botol yang akan digunakan dengan menggunakan air bersih, label yang masih melekat dihilangkan.


potong semua botol menjadi dua bagian tepat pada posisi tengah



kemudian rekatkan masih-masing bagian botol yang sudah dipotong dengan menggunakan staples, lakukan hal ini secara terus menerus sampai botol berbentuk melingkar.





Apabila bentuk botol yang disatukan sudah berbentuk melingkar, maka tempatkan lampu didalamnya, anda bisa memberikan lampu hias dengan berbagai warna sesuka hati anda.





karya seni
dan pada tahap akhir, gantung lampu hias yang telah anda buat dan lampu siap untuk dinyalakan.






Lampu hias dari botol plastik 

Sumber: http://zhahab.blogspot.com/

Cantik bukan ke tiga karya seni lampu hias dari botol plastik diatas.

Bagaimana Sobat mudah bukan cara membuatnya, silahkan mencoba, dan semoga berhasil. ^_^

No comments:

Post a Comment

CORETAN DAIRY OPHIEee.. Copyright 2013. Editado por: Roberta. Créditos dos recursos utilizados em: Reino Kawaii.
up