Olá! Seja bem-vindo ao meu blog!

Aqui você dá as boas vindas aos seus leitores, fala sobre você e seu blog, contato:

E aqui você deixa os links de suas redes sociais, com ícones de sua preferência:

Menu

Faça um tour pelo blog ;3

Kerangka Penulisan Karya Ilmiah Dalam Bentuk Jurnal





Assalamualaikum kali ini Ophie akan membahas  materi mengenai Karangan IlmiahYukk Kita Bahas Sama-sama 


Jurnal merupakan salah satu bentuk tulisan yang berisi hasil  sebuah penelitian ilmiah. Penulisan Jurnal harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh penerbit Jurnal yang sudah terakreditasi. Pada tulisan ini, saya memberikan gambaran secara umum mengenai kerangka penulisan sebuah Jurnal. Credit ellymufida

Jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang secara nyata mengandung data dan informasi yang mengajukan iptek dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. (Hakim, 2012)


Sebuah Jurnal terdiri dari Beberapa Kerangka yaitu:

I. JUDUL

Judul Jurnal harus informatif mengenai penelitian yang dilakukan.

II. ABSTRAK

Abstrak merupakan miniatur dari isi Jurnal secara keseluruhan. Pada umumnya hanya terdiri dari satu paragraf dengan satu spasi dan tidak lebih dari 200 kata. Informasi yang perlu ditulis dalam abstrak meliputi tinjauan singkat permasalahan penelitian, tujuan penelitian, metodologi penelitian serta temuan penelitian. Jangan lupa menambahkan kata kunci pada bagian akhir dari Abstrak.

III. PENDAHULUAN

Bagian Pendahuluan pada umumnya berisi latar belakang penelitian, permasalahan, pemecahan masalah, serta tujuan penelitian. Dalam menguraikan permasalahan dan pemecahan masalah juga dijelaskan landasan teori secara singkat yang mendasari pemikiran penulis. Landasan teori yang digunakan harus berasal dari hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan permasalahan dan telah diterbitkan dalam jurnal terakreditasi.

IV. METODE PENELITIAN

Bagian Metode Penelitian menguraikan secara singkat mengenai rancangan penelitian (model penelitian), populasi, teknik sampling, instrumen penelitian serta pengolah data yang akan dilakukan. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber rujukan yang digunakan pada setiap metode yang digunakan.

V. PEMBAHASAN

Bagian Pembahasan berisi uraian mengenai hasil pengolahan data serta temuan yang didapatkan baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Biasanya hasil pengolahan data disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Temuan penelitian harus menjawab tujuan penelitian yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam membuat simpulan dan saran

VI. SIMPULAN

Simpulan merupakan jawaban singkat dari masalah penelitian. Saran dibuat berdasarkan simpulan dan sebaiknya mengacu pada tindakan praktis atau berupa usulan untuk pengembangan penelitian selanjutnya.

VII. DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka berisi semua rujukan atau referensi yang digunakan penulis pada seluruh isi jurnal. Cara menuliskan Daftar Pustaka biasanya mengikuti aturan dari penerbit jurnal. Tidak diperkenankan menggunakan rujukan atau referensi yang tidak dapat menjamin otoritas keilmuannya.

Sekian Dulu Untuk Pembahasan Kali Ini semoga artikel ini dapat Bermanfaat Bagi Teman Teman
Untuk yang pengen Download Contoh Jurnalnya Klik Disini aja

No comments:

Post a Comment

CORETAN DAIRY OPHIEee.. Copyright 2013. Editado por: Roberta. Créditos dos recursos utilizados em: Reino Kawaii.
up